Hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah

Membeli rumah merupakan hal yang tampak cukup berharga untuk dibeli. Terlebih lagi ketika kita bersusah payah mengumpulkan uang untuk membelinya, membeli rumah akan menjadi hal yang terasa sangat membanggakan dan juga mengharukan. Untuk itu, kamu diharuskan berhati – hati ketika akan membeli tempat tinggal atau rumah. Sebelum membeli rumah melalui agen jual rumah Semarang atau membelinya sendiri kepada pemiliknya sebagiknya pertimbangkan dulu bebetrapa hal dibawah ini :

 

Kebutuhan anggota rumah

Kamu tentu tidak akan membeli sesuatu yang tidak kamu ketahui betul apa yang kamu butuhkan. Hal ini pun berlaku dalam hal membeli rumah, kamu perlu mencari tau apa apa saja yang kamu dan anggota keluarga lainnya butuhkan untuk tempat tinggal. Berapa banyaknya jumlah kamar yang kamu dan keluargamu utuhkan, apakah kamu memerlukan lahan sebagai tempat parkir kendaraan ? atau membutuhkan taman yang cukup luas untuk menyalurkan hobi berkebun ? diskusikan kebutuhan – kebutuhan ini dengan seluruh anggota keluarga yang akan tinggal. Tentukan hal – hal yang umu terlebih dahulu. Karena jika terlalu spesifik dan pemilih tentu proses untuk memiliki tempat tinggal baru akan cukup lama.

 

Lokasi dan akses jalan menuju rumah

Lokasi atau akses jalan menuju rumah yang akan kamu beli menjadi hal yang sangat krusial yang harus dipertimbangkan dengan baik. Hal ini tentu akan sangat berhubungan dengan nilai jual rumah. Rumah yang memiliki lokasi tepat di pusat kota akan memudahkan kita untuk mengakses semua tempat yang kita butuhkan dengan mudah. Tentu kamu tau bila rumah tersebut pasti memiliki harga jual yang cukup tinggi. Dan sebaliknya rumah yang terletak di pinggiran kota atau bahkan di daerah pinggian mungkin akan cukup menyita waktumu untuk sampai di tempat tujuan, belum lagi dengan kemacetan parah yang harus kamu hadapi selama perjalanan. Namun disisi lain rumah seperti ini memiliki harga yang tentunya lebih murah dan ramah di kantong.

 

Lingkungan rumah

Selain dua hal diatas ada hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan yakni linhkungan rumah yang kamu beli. Maksud dari lingkungan ini ialah kondisi dan situasi lingkungan sekitar rumah. Apakah kawasan tersebut termasuk rawan banjir, sehingga akan merepotkan ketika musim penghujan sudah tiba. Selain masalah bencana, jangan lupa untuk memilih dan mempertimbangkan lingkungan yang aman dari kasus pencurian, perampokan, tawuran antar warga, kecelakaan lalu lintas dan hal – hal buruk lainnya.

 

Fasilitas pubik sekitar rumah

Fasilitas umum mulai dari rumah sakit, sekola, mesin ATM hingga supermarket adalah hal – hal yang perlu ada tidak jauh dari rumah. Akan lebih menyenangkan lagi bila rumah dekat dengan tempat hiburan seperti taman bermain, kafe dan mall atau bahkan tempa – tempat favoritmu. Jadi pastikan fasilitas yang ada di sekitar calon rumah bisa memenuhi kebutuhanmu.

 

Spesifikasi bangunan dan material

Tidak sedikit pembeli yang cukup acuh akan masalah yang satu ini. Padahal hal ini merupakan hal yang cukup krusial. Misalnya saja dinding yang dibuat dari batu bata tentu akan jauh lebih kokoh bila dibandingkan dengan dinding yang hanya menggunakan baako. Lantai yang diberi plat beton akan jauh lebih t=bertahan lama dibandingkan dengan hanya menggunakan kuda – kuda kayu dan lain sebagainya. Untuk itu jangan lupa untuk bertanya akan bahan dan material yang digunakan untuk membangun bangunan calon rumah yang akan kamu beli.

 

Desain

Desain rumah dapat mencrminkan pribadi orang yang tinggal atau yang memilikinya. Oleh karena itu kamu harus mencari dan menemukan rumah dengan desain yang cocok dengan seleramu. Orang yang memiliki jiwa terbuka cenderung menyukai rumah dengan banyak jendela atau dinding kaca. Dan ada juga orang yang sangat senang dengan desain rumah semi tradisional. Maka jangan heran bila tidak sedikit calon pemilik rumah yang mengeluarkan budget lagi hanya untuk menyewa arsitek yang dapat memastikan desain rumahnya sesuai dengankepribadiannya sendiri atau tidak.

 

Kemungkinan di masa depan

Kita tentu sudah mengetahuinya bila rumah merupakan investasi jangka panjang. Sehingga ketika kita akan membeli rumah, tentu harus dapat membayangkan apa yang akan dilakukan pada rumah tersebut di masa mendatang. Apakah akan menjualnya dalam beberaoa tahun kedepan dan membeli rumah baru di kota lain. Atau apakah kamu sudah memiliki rencana untuk menambah beberapa kamar ketika sudah memiliki anak, atay apakah kamu sudah memiliki niay untuk merawatnya seumur hidup dan mewariskannya kepada anak atau cucumu. Kemungkinan – kemungkinan tersebut sebaiknya dipikirkan dan disiapkan secara matang sebelu kamu membeli rumah.

Tidak sedikit masyarakat sangat bersemangat untuk berburu para pemilik rumah yang akan jual rumah Semarang untum membelinya. Hal ini memang wajar saja terjadi, namun jangan sampai semangat ini justru menjadikan kamu buta hingga gagal membuat pertimbangan yang teliti dan bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *